Community Development ; Sebagai Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

Perusahaan dapat meningkatkan peran serta anggota masyarakat dalam kegiatan atau paling tidak untuk menjaga kemunculan ketidaksetaraan sosial ekonomi anggota komuniti lokal dengan perusahaan atau dengan pendatang lainnya. Perusahaan diperlukan suatu cara untuk meningkatkan daya saing dan mandirinya komuniti lokal. Kemudian untuk itu diperlukan suatu wadah program yang berbasis pada masyarakat yang sering disebut dengan community development untuk menciptakan kemandirian komuniti lokal untuk menata sosial ekonomi sendiri.

 

Community development sebagai kegiatan pengembangan masyarakat yang diarahkan untuk memperbesar akses masyarakat untuk mencapai kondisi sosial-ekonomi-budaya yang lebih baik apabila dibandingkan dengan sebelum adanya kegiatan pembangunan. Masyarakat diharapkan menjadi lebih mandiri dengan kualitas kehidupan dan kesejahteraan yang lebih baik.

 

Program Community Development memiliki karakter utama sebagai basis masyarakat (community based), berbasis sumber daya setempat (local resource based) dan berkelanjutan (sustainable). Perusahaan dalam menjalankan proses memiliki sasaran kapasitas masyarakat dan sasaran kesejahteraan.

 

Sasaran kapasitas masyarakat dapat dicapai melalui upaya pemberdayaan (empowerment) agar anggota masyarakat dapat ikut dalam proses produksi atau institusi penunjang dalam proses produksi, kesetaraan (equity) dengan tidak membedakan status dan keahlian, keamanan (security), keberlanjutan (sustainability) dan kerjasama (cooperation), kesemuanya berjalan secara simultan.

 

Hakekat community development merupakan suatu proses adaptasi sosial budaya yang dilakukan oleh industri, pemerintah pusat dan daerah terhadap kehidupan komuniti-komuniti lokal, artinya bahwa industri adalah sebuah elemen dari serangkaian elemen hidup yang berlaku di masyarakat.

 

Masyarakat terdiri dari komuniti lokal, komuniti pendatang dan komuniti industri, yang kesemua komuniti tersebut saling mempengaruhi, berinteraksi dan beradaptasi sebagai anggota masyarakat. Prinsip dasar pengembangan masyarakat (community development) yang bersumber dari dunia usaha dan pemerintah pada dasarnya masih memandang komuniti lokal, sebagai obyek yang harus diperhatikan dan dirubah agar dapat setara kehidupannya dengan komuniti lainnya dan mandiri. (diolah dari berbagai sumber/Sri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *