Proses Terjadinya Minyak Bumi

Minyak bumi (bahasa inggris: petroleum, dari bahasa latin petrus – karang dan oleum – minyak), dijuluki sebagai emas hitam, adalah cairan kental, berwarna coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas beberapa area di kerak bumi.

 

Minyak bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagai besar seri alkane, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya. Minyak bumi diambil dari sumur minyak di pertambangan-pertambangan minyak.

 

Lokasi sumur-sumur minyak ini didapatkan  setelah melalui proses studi geologi, analisis sedimen, karakter dan struktur sumber, dan berbagai macam studi lainnya. Setelah itu, minyak bumi akan diproses di tempat pengilangan minyak dan dipisah-pisahkan hasilnya berdasarkan titik didihnya.

 

Berdasarkan proses diatas sehingga menghasilkan berbagai macam bahan bakar, mulai dari bensin dan minyak tanah sampai aspal dan berbagai reagen kimia yang dibutuhkan untuk membuat plastic dan obat-obatan. Minyak bumi digunakan untuk memproduksi dar berbagai macam barang dan material yang dibutuhkan manusia. (diolah dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *