Eksploitasi Mendukung Ekonomi

 

Kegiatan eksplorasi sangat penting dilakukan. Pengusahaan bahan tambang dilaksanakan mengingat keberadaan bahan galian yang penyebarannya tidak merata.  Kegiatan eksplorasi ini sifatnya sementara yang suatu saat akan habis tergali.

 

Penyelidikan sangat diperlukan untuk menentukan lokasi sebaran, kualitas dan jumlah cadangan. Perusahaan melakukan kegiatan tersebut agar tidak membuang tenaga dan modal, disamping untuk mengurangi resiko kegagalan, kerugian materi, kecelakaan kerja dan kerusakan lingkungan.

 

Penyelidikan lapangan digunakan untuk mengumpulkan data/informasi yang lengkap tentang keberadaan sumber daya alam di suatu tempat. Eksploitasi juga sebagai usaha penambangan dengan maksud untuk menghasilkan bahan galian dan memanfaatkannya.

 

Kegiatan ini dapat dibedakan berdasarkan sifat bahan galiannya yaitu, galian padat dan bahan galian cair serta gas. Sejauh yang diketahu eksplorasi sumberdaya alam masih tetap penjabaran dari paradigm tersebut. Eksploitasi sumberdaya alam yang hanya diarahkan untuk mendukuung pertumbuhan ekonomi tanpa memperhatikan secara keseimbangannya. (diolah dari berbagai sumber/Sri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *