Komponen Minyak Bumi dan Gas

 

Minyak bumi yang dilakukan dari hasil pengeboran berupa lumpur dan kemudian menjadi olahan minyak mentah. Kandungan dari minyak bumi ini banyak senyawa aromatic dan  menghasilkan beragam. Hasil dari olahan minyak bumi ini yang terdiri dari bermacam-macam senyawa hidrokarbon.

 

Komposisi minyak bumi. Penampakan fisik minyak bumi sangat beragam, tergantung dari komposisinya. Pada umumnya, minyak bumi yang baru dihasilkan dari sumur pengeboran berupa lumpur berwarna hitam atau cokelat gelap, meskipun ada juga minyak bumi yang berwarna kekuningan, kemerahan, atau kehijauan. Minyak hasil pengeboran ini disebut minyak mentah (crude oil).

 

Minyak bumi tersusun dari senyawa hidrokarbon yang berbeda-beda. Perbedaan ini tergantung dari faktor umur, suhu pembentukan, dan cara pembentukan. Minyak bumi dari Indonesia mengandung banyak senyawa aromatik seperti benzena, sedangkan minyak bumi dari Rusia mengandung banyak senyawa sikloalkana seperti sikloheksana. Berdasar hasil analisis yang sudah dilakukan, diketahui bahwa dalam minyak bumi terdiri atas bermacam-mcam senyawa hidrokarbon, seperti alkana, sikloalkana, dan hidrokarbon aromatik.

 

Glongan alkana yang banyak terdapat dalam minyak bumi yaitu n-alkana dan isoalkana. N-alkana merupakan alkana jenuh berantai lurus dan tidak bercabang, contoh n-oktana.Isoalkana merupakan alkana jenuh yang rantai induknya mempunyai atom C tersier dan bercabang, contoh isooktana.

 

Alkana disebut juga dengan parafin. Parafin merupakan senyawa hidrokarbon tersaturasi (berikatan jenuh) yang mengandung rantai lurus atau bercabang yagn molekulnya hanya terdiri atas atom karbon (C) dan hidrogen (H).

 

Sikloalkana merupakan senyawa hidrokarbon berantai tunggal dan berbentuk cincin. Golongan sikloalkana yang ada dalam minyak bumi adalah siklopentana seperti metil siklopentana dan sikloheksana seperti etil sikloheksana.
Sikloalkana juga dikenal dengan nama naptena. Naptena merupakan senyawa hidrokarbon tersaturasi yang memiliki rumus umum CnH2n dan memiliki ciri-ciri mirip alkana, tetapi mempunyai titik didih lebih tinggi dari alkana. Pembentukan minyak bumi dan gas alam.

 

Hidrokarbon aromatik merupakan hidrokarbon yang tidak tersaturasi, memiliki satu atau lebih cincin planar karbon-6 atau cincin benzena. Pada struktur ini, ataom hidrogen berikatan dengan atom karbon dengan rumus umum CnHn. Jika hidrokarbon aromatik dibakar akan menimbulkan asap hitam pekat dan beberapa bersifat karsinogen. Senyawa hidrokarbon aromatik yang terdapat dalam minyak bumi adalah senaywa benzena. Secara umum, komponen minyak bumi terdiri dari lima unsur kimia, yakni 83-87% karbon, 10-14% hidrogen, 0,05-6% belerang, 0,05-1,5% oksigen, 0,1-2% nitrogen, dan < 0,1% unsur-unsur logam. (diolah dari berbagai sumber/Sri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *