Comdev ; Pengembangan Manusia Seutuhnya

Masyarakat mengharapkan kehidupan yang lebih baik. Kesejahteraan akan didapatkan tatkala masyarakat mampu mengembangkan dirinya secara sosial dan ekonomi. Dengan perencanaan yang baik, komunitas-komunitas masyarakat dapat bermitra dengan pemerintah atau pihak swasta. Usaha sinergi dengan para pihak akan melahirkan peran-peran sosial dan ekonomi baru.

 

Comdev atau Community Development dimaknai secara sederhana sebagai pengembangan masyarakat. Upaya Pengembangan Komunitas (Community Development/CD) telah banyak dilakukan.  Sebelum melakukan pengembangan komunitas, penting bagi setiap orang untuk memahami beberapa istilah dasar yang berkaitan dengan itu.

 

Konsep Community Development sudah dikenal luas oleh masyarakat. Meskipun konsep awalnya bukan Community Development, tetapi substansi darinya sangat cocok dengan penerapan Community Development yang ada sekarang. Comdev telah menjadi satu hal yang terkadang secara eksplisist maupun implisist terlihat dalam setiap tujuan dari komunitas masyarakat, pengharapan akan kehidupan yang lebih baik, dan bertujuan mencapai suatu usaha kolektif menjadi sejarah awal munculnya gagasan comdev sendiri.

 

Konsep Community Development merupakan istilah yang dimaksudkan untuk mewakili pemikiran tentang pengembangan masyarakat dalam konteks pembangunan sumber daya manusia ke arah kemandirian. Kehadiran perusahaan (privat service) di tengah kehidupan masyarakat dengan berbagai kegiatannya menimbulkan ketidaksetaraan sosial ekonomi anggota masyarakat lokal dengan perusahaan ataupun pendatang lainnya, sehingga diperlukan suatu kebijakan untuk meningkatkan daya saing dan kemandirian masyarakat lokal.

 

Community Development yang dimaknai sebagai pengembangan masyarakat terdiri dari dua konsep, yaitu ‘pengembangan’ dan ‘masyarakat’. Secara singkat, ‘pengembangan atau pembangunan’ merupakan usaha bersama dan terencana untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia pada umumnya. Bidang-bidang pembangunan biasanya meliputi berbagai sektor kehidupan, yaitu sektor ekonomi, sektor pendidikan, kesehatan dan sosial budaya.

 

Upaya Pengembangan Komunitas (Community Development/CD) telah banyak dilakukan; Atau setidaknya diakui oleh berbagai pihak telah berpengalaman melakukannya.  Tetapi, kenyataan menunjukkan bahwa cukup banyak pihak yang sesungguhnya belum cukup memahami makna pengembangan komunitas itu sendiri; Falsafahnya, prinsip-prinsipnya dan berbagai aspek terkait lainnya.

 

Seringkali pengertian atas berbagai istilah yang terkait dengan pengembangan komunitas itu dipahami sama atau bahkan dicampur-adukkan satu sama lain.  Karena itu sebelum mampu melakukan pengembangan komunitas dengan baik, adalah penting bagi setiap orang untuk memahami beberapa istilah dasar yang berkaitan dengan itu. (diolah dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *